Materi Virus (Bentuk, Cara Hidup, Perkembangbiakan, Klasifikasi, Manfaat dan Penyakit yang DiSebabkan Virus).


Untuk mengingatkan materi virus pada artikel sebelumnya mengenai pengertian viru. Jadi, virus adalah agen infeksi yang memiliki ukuran yang kecil yang dapat bereproduksi di dalam sel inang yang hidup. Nah, pada artikel ini, saya akan menjelaskan Bentuk Virus, Bagaimana Cara Hidup Virus, Perkembangbiakan Virus, Klasifikasi Virus, Manfaat Virus dan Penyakit yang DiSebabkan Virus.

(Catatan...) Untuk kamu yang masih kurang paham mengenai pengertian virus, saya sarankan untuk kamu membuka dan membaca artikel sebelumnya yaa...Terima Kasih. Baik, lanjut kepada topik inti pembahasan pada artikel ini.


Contoh ilustrasi bentuk virus

Langsung saja yaa kepada inti pembahasan artikel ini mengenai Bentuk-Bentuk Virus.

A. Bentuk-Bentuk Virus

Virus memiliki bentuk dan ukuran serta komposisi kimawinya yang bervariasi. Walaupun virus tersusun dengan struktur tubuh yang sama, tetapi virus memiliki bentuk yang bervariasi atau berbeda-beda. Virus memiliki 6 macam bentuk yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain, 6 macam bentuk virus yang berbeda-beda itupun telah di teliti atau telah diindentifikasi oleh para ilmuwan.  Jadi apa saja sih, macam-macam bentuk virus?
  1. Virus berbentuk batang, salah satu contohnya adalah Tobacco Mosaic Virus atau singkatnya TMV.
  2. Virus berbentuk bulat, salah satu contohnya adalah Orthomyxovirus dan Human Immunodeficiency Virus atau yang lebih dikenal dengan sebutan HIV.
  3. Virus berbentuk batang, tetapi juga berujung oval seperti peluru, contohnya ialah Rhabdovirus.
  4. Virus berbentuk polihedral, salah satu contohnya adalah Adenovirus.
  5. Virus berbentuk seperti halnya huruf "T", contohnya ialah bakteriofag.
  6. Virus berbentuk filamen, contohnya adalah Virus Ebola.


Post a Comment

0 Comments